SOTO AYAM PAK MIN KLATEN & SAUTO BATHOK MBAH KARTO ; KULINER ENAK DAN MURAH YOGYAKARTA


SOTO AYAM PAK MIN KLATEN & SAUTO BATHOK MBAH KARTO ; KULINER ENAK DAN MURAH YOGYAKARTA


Kali ini aku bakal nyeritain kuliner yang enak dan murah di Yogyakarta ketika jalan-jalan aku ke Yogyakarta kemarin tanggal 3 – 5 Maret 2017. Perjalanan kemarin memang berbeda dari ke Yogyakarta sebelumnya karena emang jalan-jalan kemarin kami lebih fokus sama kulinernya dari pada pergi ke berbagai tempas destinasi Yogyakarta yang keren-keren.
Kuliner di Yogyakarta emang enak-enak plus sesuai dengan harga saku kita. Rasa dari setiap makanannya pun gak pernah mengecewakan. Pokoknya, kuliner di Yogyakarta adalah salah satu hal yang bikin betah tinggal di Yogyakarta. Menurut aku banyak sekali kuliner di Yogya yang gak ada di Bandung *atau aku yang gak gaul explore kuliner di Bandung ya :(* Ya, intinya aku suka banget dengan cita rasa dan pastinya harga makanannya yang bener-bener terjangkau.

Di Yogyakarta kemarin ada dua kuliner yang bener-bener aku suka dan satunya buat aku ketagihan terus semenjak aku pergi ke Yogyakarta taun kemaren. Aku sama partner jalan kemana-manaku ini doyan banget sama kuliner yang satu ini, sampai-sampai tiap ke Yogyakarta kayanya belum puas kalo enggak ngerasain salah satu soto terenak di Yogyakarta.
Langsung aja aku bakal buat ngiler kalian lewat penjelasan aku mengenai kedua soto terenak yang pernah aku rasakan selama jalan-jalan singkat di Yogyakarta. Selamat ngilerrr...
·         SOTO AYAM PAK MIN KLATEN

Yaaaa, ini dia soto pavorit aku sama partner jalan-jalanku, kami bisa saja memesan beberapa mangkok karena emang soto dan bentuk hidangannya enak dan bisa dibilang lumayan unik, kalo di Bandung rasanya aku belum menemukan kuliner soto sejenis ini. Huhuu...
Soto ayam Pak Min Klaten ini memiliki berbagai cabang hal tersebut terbukti dari setiap aku pergi jalan-jalan ke setiap wilayah Yogyakarta pasti selalu menemukan Soto Pak Min. Dilihat-lihat pun pengunjungnya gak pernah sepi, selalu ramai dan pelayannya pun sigap melayani kita. Enggak sampai 5 menit soto yang kita pesan akan siap dihidangkan tepat di meja makan kita.
Apa yang bikin beda dari Soto Pak Min dengan soto lainnya? Menurut aku selain dari cita rasanya yang enak, soto ayam ini menghidangkan teman nasi (read: ayam soto) berbeda-beda sesuai dengan bagian-bagian yang pada ada ayam. Ngerti kan atau masih bingung? Jadi, contohnya ayam sotonya hanya ada satu bagian yang pada ayam, seperti kepala ayam, ceker, tulang punggung, paha, atau sebagainya. Kalau kita memesan kepala ayam, satu mangkok soto itu berisi kepala ayam dan kemudian mangkok yang berisi kepala ayam itu akan dicampur dengan sotonya. Satu porsi soto ada dua mangkok, satu mangkok untuk nasi dan satu mangkok untuk sotonya.
Selain dari itu, ada pula teman soto seperti telur puyuh dan usus yang berbentuk sate untuk menambah nikmatnya kita menyantap makanannya. Harganya pun murah, satu porsi Soto Pak Min kita hanya merogoh uang saku sekitar kurang lebih RP. 14.000,00 (Harga sewaktu-waktu bisa berubah). Pokoknya recomended banget buat kalian yang kebetulan lagi jalan-jalan ke Yogya dan butuh banget kuliner murah dan enak.
·         SAUTO BATHOK MBAH KARTO

Nah, kalo soto yang satu ini juga enak, murah banget, dan unik. Kenapa unik, karena sesuai namanya Soto Bathok ini dihidangkan pada sebuah batok (tempurung kelapa). Isi dari Sauto Bathok ini langsung dengan nasinya juga berisi daging dan sayuran seperti toge yang sudah bercampur dengan sotonya. Sama seperti Soto Pak Min Klaten, Sauto Bathok pun memiliki teman nasi seperti telur puyuh, usus, dan tempe. View makan di Sauto Bathok ini pun bisa dibilang tradisional karena dipinggirnya terdapat sawah yang luas. Ada yang menggunakan tempat duduk atau duduk-duduk menghampar menggunakan tikar.
Sauto Bathok Mbah Karto ini bertempat di Utara Candi Sambisari, Kalasan. Enggak jauh dari tempat Sauto Bathok ini pun terdapat tempat wisata yaitu Candi Sambisari yang hanya merogoh kocek sebesar RP. 5000,00 untuk tiket masuk serta biaya parkir RP. 2000,00. Harga dari Sauto Bathok pun terjangkau sekali, hanya dengan RP. 5000,00 kita bisa mendapatkan satu porsi Sauto Bathok (waktu itu aku sampai memesan dua porsi, karena sayang mumpung di Yogyakarta *wkwk).
***
Itu dia dua kuliner soto favorit aku kalo lagi jalan-jalan ke Yogyakarta. Inshaallah, kalian gak bakal nyesel makan kedua kuliner ini. Terimakasih telah membaca dan selamat mencobaaaa....

Rahmia Khoerunnisa