KETIKA AKU BERPUISI

SELAMAT HARI PUISI; KETIKA AKU BERPUISI



Berpuisi; bisa dikatakan itu adalah sebuah hobi atau bisa dikatakan naluri alami yang tetiba aja aku bisa nulis tanpa direncanakan. Ia (Re: berpuisi) selalu hadir tanpa permisi, karena kalo sengaja dibuat, susahnya minta ampun. Kamu bak penulis amat amatiran yang haus akan inspirasi. Kata apa ya yang cocok buat disandingkan dengan kata ini, walau pun memang rangkaian kata dalam puisi tidak harus selamanya berjodoh atau seirama atau bisa dikatakan satu kata yang saling berhubungan. Karena salah satu puisi yang bagus adalah puisi yang memiliki banyak tafsir.


Dalam puisi yang sebelumnya aku buat, adalah gambaran dimana aku sedang berpuisi (membuat puisi), dimana dengan hal itu aku bebas menjadi apa saja, mengekspresikan diriku sendiri terutama saat aku dirundung sebuah siklus yang tak pernah hilang dari kehidupan; kesedihan.

Disaat aku gak bisa cerita dengan semua orang, ngeluh sama hidup aku (*naluri sifat manusia), aku bisa mengekspresikannya tanpa harus berkoar-koar atau nangis nangis menunjukan bahwa “Halo dunia, sekarang gue sedang galau, gue sedang sedih.” Terus lo berharap semua simpati pada semua kesedihan yang kamu rasakan? Heloooo semua manusia memiliki kesedihan masing-masing, tetapi yang menjadi pembeda bagaimana mereka menunjukan dan menghilangkan kesedihannya. Dan bagiku, berpuisi bukan hanya menunjukan sebuah kesedihan atau kegalauan yang dibalut oleh kata-kata indah saja. Ah bukan itu.

Berpuisi menjadi obat, menjadi penengah antara rasa sedih dan rasa bahagiamu yang keterlaluan, dan itu bisa “dinetralisir” saat kamu tuangkan semua rasamu kedalam sebuah puisi. Ia mempunyai sihir sendiri yang tentunya hanya bisa dirasakan oleh si penulisnya atau pembaca yang kebetulan tafsir dari puisi itu sendiri sama dengan kehidupan yang sedang dialaminya.

Kata-kata dalam puisi itu romantis, terasa semakin syahdu. Ia tak akan pernah memiliki akhir, karena akhir dari puisi itu adalah tafsir dari para pembacanya sendiri.

Selamat Hari Puisi Sedunia, selalu berkarya dengan berbagi hal yang positif:)

Rahmia Khoerunnisa