30 HARI BERCERITA| 21. SELAMAT HARI KARTINI


Di hari kartini sekarang aku semakin menciut jadi seorang perempuan. Berkoar saja menyuarakan aspirasi, banyak mimpi, banyak target, banyak mau tapi sedikit tindakan yang kulakukan. Sangat jauh sekali rasanya aku menjadi seseorang yang menginspirasi bagi semua orang. Menyedihkan.

Perempuan normal dan biasa-biasa saja, hidup karena ada harapan untuk saling mengumpulkan rasa bahagia sehari-hari. Masih egois ternyata, pikiranku belum luas untuk bisa membahagiakan orang lain. Bagaimana bisa menginspirasi orang lain? Ah Mia, kasian kamu.

Di hari Kartini ini aku sangat menyukai salah satu quotes dari sosok perempuan yang begitu luar biasa di era sekarang, yaitu Ibu Susi Pudjiastuti, Mentri Kelautan dan Perikanan, dimana ia berkata:

"Bebaskan pikiranmu bahwa perempuan adalah sebuah keterbatasan. Langkahkan kakimu jauh ke depan bersama kebebasan. Menjadi Kartini-Kartini Baru."


Perempuan hebat memperjuangkan hak-hak dan kebebasan orang lain atau bahkan permepuan agar tidak terbelenggu dan tidak diperbudak oleh penjajah, agar ia bebas mengekspresikan hak hidupnya, bebas mendapatkan pendidikan, bebas menggapai mimpi-mimpinya. Lah apa kabar kita perempuan biasa ini? Masih mau terbelunggu dan terpenjara oleh seorang pria yang mengikat? Yang mengatur langkah bebasmu, yang kau perjuangankan untuk cepat memberikanmu kepastian?

Ayolah, aku, kau, kita smeua permepuan disini adalah kartini masa kini. Dengan segala kebebasan yang ada kita harusnya lebih merdeka. Emansipasi harusnya lebih mudah diterapkan.

Apapun bentuk isi ceritaku sekarang, yang lebih tepatnya bentuk kekecewaanku pada diriku sendiri yang malu seusia ini masih belum bisa menginspirasi, yang jauh dikata kartini, yang semakin jauh untuk wujudkan mimpi-mimpi, aku harap kelak suatu saat nanti aku bisa menjadi perempuan hebat yang menginspirasi, begitu pun kelak nanti anak-anak perempuanku, dia tidak boleh menjadi payah seperti diriku, mereka harus bisa menjadi lebih hebat dan memesona. Baik kegiatan postif yang dilakukannya, karya-karyanya, hobi dan bakatnya, semoga bermanfaat. Menjadi para kartini nanti yang penuh dengan prestasi. Aamiin.

Selamat hari kartini untuk semua permepuan. Kita semua hebat dengan segala cerita masing-masing.

Rahmia Khoerunnisa