Sinopsis Galaksi Kinanthi - Tasaro J.K

Galaksi Kinanthi
Sekali mencintai sudah itu mati ?

Disini saya akan sedikit menceritakan sinopsis dari salah satu Novel yang saya suka yaitu Galaksi Kinanthi karya Tasaro J.K.



Sinopsis novel Galaksi Kinanthi

 (Photo : google)


Novel ini berkisah tentang seorang gadis bernama Kinanthi yang lahir di tengah-tengah keluarga yang sangat memprihatinkan. Ibunya terkenal dengan baulawean atau secara mitos jawa itu berarti seorang perempuan yang setiap menikah, suaminya akan meninggal. Kakak laki-lakinya adalah seorang preman pasar dan kakak perempuanya adalah seorang wanita pemuas nafsu. Dan sebagai pelengkap tekanan, bapaknya adalah seorang tukang judi. Kondisi keluarganya membuat ia di jauhi oleh lingkungan sekitar. Namun, dia mempunyai seorang sahabat pelipur lara bernama Ajuj yang merupakan anak seorang rois (petinggi agama di kampung).

Dari sinilah konflik demi konflik terjadi, Kinanthi di tukar dengan lima puluh kilo gram beras pada pasangan yang tinggal di Bandung dengan mengiming-imingi akan menyekolahkan Kinanthi. Pada awalnya pasangan tersebut baik kepada Kinanthi, hingga suatu ketika ada peristiwa dimana teman satu sekolahnya yang bernama Gesit ingin memperkosanya. Kejadian itu membuat keluarga yang mengadopsi Kinanthi salah sangka, mereka menganggap Kinanthi adalah seorang yang tidak tahu diri dan tidak bisa menjaga martabat keluarga.Dari sana,  penyiksaan secara psikologis pun dimulai, dan Kinanthi diperlakukan seperti budak di rumah keluarga tersebut.
Belum selesai penderitaan Kinanthi, ia harus menghadapi kenyataan bahwa dirinya dijual kembali kepada penampung TKI untuk di kirim ke Arab. Penyiksaan fisik dan psikologis seolah menjadi makanan sehari-hari Kinanthi selama menjadi TKI. Dan ia pun berpindah-pindah dari tangan majikan satu ke majikan lain, setelah ia dibawa kabur dari arab ke Kuwait. Pada satu saat ada keluarga dari Kuwait yang ingin menjadikan Kinanthi sekolah di Amerika, dan ini kesempatan yang tidak disia-siakan oleh Kinanthi. Ia pun pergi ke negeri paman Sam dengan harapan baru. Namun, ternyata keluarga yang mengajaknya ke Amerika masih memiliki hubungan keluarga dengan salah satu majikannya di Kuwait yang ia lawan ketika akan menyiksanya. Penderitaan pun dimuali kembali, ia di pukuli hingga di perkosa. Sampai akhirnya dia meloloskan diri dan dibantu oleh sepasang muslim yang baik hati.

Sampai di sini perubahan pun dimulai Kinanthi tumbuh dan berkembang menjadi seorang profesor dan penulis yang terkenal. Namun di tengah kesuksesannya ia mengingat orang yang selalu dicintai dalam bayang dan ingatannya. Dan konflik psikologis dimulai kembali dengan Kinanthi kembali ke kampung halamannya untuk menemui Ajuj.



Comments