TIPS POTOSHOOT SENDIRI SELAMA DI RUMAH AJA


Selama pandemi dan hanya berdiam di rumah saja, banyak sekali hal-hal kreatif yang aku lihat dari apa yang dilakukan oleh teman-temanku. Ditopang oleh para influencer yang bisa mengambil kesempatan untuk dijadikan konten yang positif semakinlah menyebar kegiatan-kegiatan menyenangkan selama pandemi ini. Jujur bagiku, senang rasanya melihat teman-teman begitu aktifnya selama di rumah saja. Memasak, belajar menjahit, menghabiskan buku bacaan, olah raga pagi dan bersepeda, melakukan photoshoot, menggambar, menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga, juga banyak hal lainnya yang bisa dilakukan di rumah.

Nah, di sini aku ingin berbagi terkait photoshoot apa saja yang bisa kita lakukan selama di rumah supaya fotonya gak gitu-gitu aja, kan lumayan buat stok foto di instagram, atau sekedar menghibur diri sendiri dari akibat pandemi ini. Jujurkan, stok foto kalian semakin berkurang karena tidak ada aktivitas ke luar rumah sama sekali. Yang biasanya hunting foto ke tempat baru atau yang biasa foto di café atau tempat tongkrongan lainnya akan merasakan hal itu. Ya soalnya aku begitu, ingin hunting mengurangi kusutnya kehidupan, tertahan tidak bisa dilakukan karena pandemi.

Ya kita semua tahu, pandemi ini telah menjungkirbalikan kegiatan sehari-hari kita, walau tidak semua orang bisa memiliki waktu banyak untuk melakukan hal yang menyenangkan. Tapi tips photoshoot sendiri selama di rumah aja ini ku bagi untuk kalian yang satu circle denganku; menyukai fotografi.

Oke deh lanjut ya, dengan mengandalkan kamera telepon genggam dan timer. Syukur-syukur kalau punya tripod akan semakin mudah. Berikut photoshoot yang sudah aku lakukan selama di rumah kosan aja:

  • 1.      Foto di Cahaya Jendela

Melakukan photoshoot dengan mengandalkan cahaya jendela  ini bagus sekali dilakukan saat pagi hari sekitar pukul 07.00 – 08.00 WIB di mana matahari tidak terlalu tinggi dan juga sinar dari cahaya matahari sedang bagus-bagusnya. Yaps, atau kita sebut sebagai golden hour.



Carilah jendela yang memancarkan cahaya dari luar menuju dalam rumah, posisi kalian ada tepat dengan cahaya yang memancar tersebut. Supaya menambah efek siluet di belakangnya kalian bisa menurunkan cahaya ke yang paling bawah. Untuk kamera ios bisa disetting untuk mengunci cahaya tersebut dengan menekan tanda matahari di kamera, hal tersebut membuat cahaya foto kita akan selalu stabil. Gunakan timer supaya nanti hasilnya lebih maksimal dan ada beberapa pilihan foto yang bisa kita pilih. Di beberapa contoh foto ini aku menggunakan kamera depan.


  • 2.      Photoshoot di Langit Biru

Survey menurut aku sendiri membuktikan bahwa langit biru itu sangat bagus sekali saat pagi hari, di mana kondisi udara dan langit sedang bersih-bersihnya bahkan tanpa secui awal satu pun (kalau cuaca sedang cerah). Waktu terbaik untuk melakukan photoshoot ini bisa di pagi atau sore hari saat matahari tidak terlalu tinggi dan suhu udara panas, hal tersebut akan memudahkan kalian untuk mendapatkan cahaya yang stabil untuk pengambilan foto.


Tetap menggunakan timer, telepon genggam kalian bisa kalian letakkan begitu saja di tanah, tapi disarankan telepon tersebut harus ada kemiringan sekitar 30 derajat, penyangganya bisa kamu cari ide sendiri ya. Menurutku jika kamera diletakan begitu saja dengan datar,hasilnya kurang maksimal, posisi badan kamu akan terlihat jongkok dan menurutku kaku, jadi kurang enak dilihat. Letakan telepon genggam dengan kemiringan sekitar 30 derajat. Berlawanan dengan arah cahaya matahari. Lakukan timer, dan gerak sebebasnya.

O, iya ini adalah perbedaan foto langit ketika pagi (bawah) dan sore  (atas).

(foto dengan langit saat sore)
(foto dengan langit saat pagi)


  • 3.      Photoshoot menggunakan Kaca (Mirror Selfie)


Mirror selfie versi estetik, yang biasa para perempuan lakukan di ruang ganti baju atau di toilet bersih, kini bisa dilakukan di rumah dengan menggunakan kaca kalian sendiri, tentunya lebih estetik dengan menambah barang-barang pendukung lainnya yang kalian punya. Misalnya: kain, bunga, pot bunga, backround tembok kusam atau polos bersih, jendela, dan lain sebagainya yang mata dan hati kalian bilang cocok dijadikan pendukung untuk disandingkan dengan kaca (*ya ampun puitis kali)


Photoshoot menggunakan kaca bisa kalian lakukan di dalam atau luar ruangan, tidak terpengaruh pada cahaya matahari sehingga bebas melakukan foto di jam berapa pun asal dengan cahaya yang memadai. Jika kalian ingin foto bersama kaca ini tidak seperti mirror selfie yang membuat wajah kalian terutup, kalian bisa mengajak teman yang tahu cara posisi pengambilan foto yang pas supaya bisa memperlihatkan wajah kamu.



  • 4.      Photoshoot di tembok polos atau backround polos


Photoshoot yang sangat mudah, tinggal mencari tembok polos tanpa banyak benda pendukung, dan jika kalian ingin menambah efek blur kalian bisa menggunakan timer sepuluh detik dan bergeraklah sebebasnya, nanti bisa dipilih mana yang paling blur. Photoshoot ini adalah salah satu foto yang aku suka; konsep blur dan tanpa kepala.


  • 5.      Photoshoot bersama bunga


Photoshoot ini sungguh banyak sekali hal yang bisa dilakukan. Kalian bisa melakukan swafoto dengan bunga satu tangkai, bunga yang diletakan di tanah/rumput/kain dengan berserakah, bunga dengan ditempel di dinding, dan juga banyak lainnya yang aku yakin bunga akan selalu memberi dan menambah indah bagaimana pun konsepnya.




  • 6.      Virtual Photoshoot



Virtual photoshoot yang lagi rame ini, menurutku bukan tentang foto kalian yang ngeblur di bagian atas, pinggir, atau bawah foto, tetapi melakukan foto dengan melakukan video call karena dengan memfotokan orang melalui layar leptop akan menambah blur sendiri. Aku gak tahu jelasnya, arti dari virtual photoshoot ini. Baiklah bukan yang harus dipermasalahkan.


Melakukan virtual photoshoot bersama teman-teman untuk foto-foto ini aku gunakan vcall line di pc, ya dengan alat dan bahan seadanya. Tapi kalau kita bisa menangkap moment dan memanfaat situasi koneksi internet yang bagus, hasilnya gak jelek-jelek banget. Hehe.


Dengan ditambah alat bantu seperti gelas, kacamata, bubblewarp, solasi, atau lotion, akan semakin membuat hasil virtual photoshoot semakin estetik. Nah di virtual photoshoot ini aku selalu menurunkan cahaya supaya fotonya tidak kasar dan berantakan, terutama hanya menggunakan telepon genggam biasa yang tidak secanggih kamera, pasti lebih sulit mengaturnya.


Virtual photoshoot ini, kalian juga  harus pintar mendapatkan kesempatan saat orang yang kita foto sedang “bergaya” karena virtual photoshoot ini tidak semuadah foto langsung apalagi kalau jaringannya kurang bagus. Harus banyak sabar anatara ke duanya. Huhu.

Tapi jika kamu ingin mencoba sendiri dan mendapatkan efek seperti virtual photoshoot kamu bisa menggunakan alat pendukung seperti gelas, kacamata, bubblewarp, solasi, atau lotion yang ditempelkan pada kamera telepon genggammu, dan ini adalah hasilnya; aku coba sendiri namun rasanya "kurang berhasil " karena efek blurnya tidak alami yang dihasilkan seperti blur pantulan layar leptop.



***

Nah, sekian tips photoshoot sendiri selama di rumah aja, dengan kekuatan kamera hp dan timmer kalian bisa melakukan banyak foto dengan cara kreatif lainnya. Aku yakin teman-teman juga punya ide-ide yang tak kalah menarik lainnya untuk dibagi. Berbagi kesenangan dengan banyak hal baru yang bisa kita coba. Selamat mencoba ya.

Comments