PANTAI KARANG PAPAK, CIKELET, GARUT SELATAN

PANTAI KARANG PAPAK, CIKELET, GARUT SELATAN


Berlibur kesalah satu pantai di Garut Selatan memang tidak akan pernah membosankan walau kamu sudah berkunjung sampai beberapa kali. Secara disana, selain disuguhkan potret Tuhan yaitu pantai dan laut yang membentang, kamu juga akan bertemu dengan beberapa tempat menarik lainnya, seperti jalanan panjang dan berbelok seperti kamu ada di luar Negeri sana dengan pemandangan pantai panjang yang tak ada akhirnya, hamparan kebun jagung, perbukitan, kebun kelapa, kawanan sapi, dan masih banyak lagi lainnya yang instagramable banget untuk dijadikan spot foto. Bukan hanya itu saja, kalu kamu mencoba berkeliling walau berjalan kaki banyak hal yang jarang kamu temukan oleh rutinitas sehari-hari. Semua tergantung kepekaan dirimu saat bepergian.

Salah satunya adalah pantai Karang Papak. Pantai yang berdampingan dengan pantai Santolo ini memang tidak terlalu ramai dikunjungi dari pada kedua pantai yang sudah menjadi ikon Garut Selatan yaitu Santolo dan Sayang Heulang. Namun begitu, pantai ini pun tidak perlu tidak untuk dilirik dan dilewatkan, karena jika dikelola dengan baik, pantai ini pun tidak kalah cantik dari pantai-pantai lainnya.


Jika kamu ingin mengunjungi salah satu pantai yang sepi di Garut Selatan, Pantai Karang Papak adalah salah satu rekomendasinya. Jaraknya pun tidak terlalu jauh dari Pantai Santolo, apalagi jika kamu mengambil jalan dari arah yang berbeda (bukan jalan raya) kamu akan bertemu dengan tempat menarik selama menuju ke Pantai Karang Papak.
Dan berikut sedikit ulasan tentang pantai Karang Papak di Garut Selatan;

  •  Lokasi




Pantai Karang Papak ini berlokasi di Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut. Jarak yang ditempuh dari Bandung jika melewati rute Jl. Raya Cisompet ada +137,2 KM dan jika melewati rute Pangalengan menempuh +143,4 KM. (sumber: Google Maps)
Untuk kendaraan umum, kamu bisa naik mini bus atau orang daerah sana menyebutnya sebagai mobil elf, dengan jurusan Garut - Pameungpeuk. Dari Garut Kota biasanya akan dikenakan ongkos +30ribu untuk sampai sana. Bilang saja ke pak supir atau kondektur untuk berhenti di Pantai Karang Papak. Kamu akan diturunkan dipinggir jalan raya dan tidak terlalu jauh, kamu bisa berjalan kaki untuk tiba di Pantai Karang Papak.
Pantai Karang Papak pun bersebalahan dengan Pantai Santolo.  Memang tidak ada tanda spesifik yang menandakan sudah berada di Karang Papak, namun disana ada sebuah gapura yang sudah tidak terawat serta jalan  yang mengantarkan kamu sampai di Pantai Karang Papak.
  • Tiket


Untuk musim liburan apalagi jika libur lebaran tiba Pantai Karang Papak dikenakan tiket seharga RP.5000/orang dan belum termasuk parkir (namun disana parkir bisa bebas dan kadang tidak ada tempat/lahan parkir). Tiket tersebut dikelola oleh pemuda-pemuda disana yang sejujujrnya aku tidak tahu itu resmi atau tidak dari pihak pengelola pariwisatanya. Namun, jika pergi di hari-hari biasa, Pantai Karang Papak tidak ada tiket alias kamu bisa masuk gratis. Tidak ada tiket dan tidak ada biaya parkir. Hal tersebut bisa dikarenakan tidak ada pengelola resmi dari pemerintahan setempat.
  • Suasana


Suasana dari Pantai ini terbilang cukup sepi, apalagi jika datang dihari biasa. Namun jika berkunjung dihari libur (libur lebaran/tahun baru) pantai ini dipastikan ramai oleh pengunjung, pedagang, dan macam-macam profesi lainnya antara cari uang atau cari kebahagiaan (beda tipis).

Datang dihari biasa, kamu akan bertemu dengan pemandangan alami penduduk sana. Nelayan, penggembala sapi, pencari rumput, dan perahu-perahu yang terparkir diarea pinggiran pesisir. Sedikit orang yang berjualan, hanya kios kios kecil yang sudah menyatu dengan jasa wc umum dan sewa penginapan. Sedikit sekali orang disana saat hari biasa, baik dari penjual atau pengunjung. Yang ada hanya kebiasaan dari penduduk. Cocok untuk kamu yang ingin menyepi.

Pantai Karang Papak ini hampir mirip dengan pantai Santolo, memiliki pesisir pantai pasir putih. Namun sayangnya memang kebersihan belum terkelola dengan baik, sehingga ekspektasi pantai yang putih bersih gagal karena banyak sisa-sisa sampah yang terbawa dari ombak. Ada pun jika kita meluaskan jarak dari Pantai Karang Papak ada sebagian pesisir pantainya yang hampir mirip dengan pantai Sayang Heulang, dimana pesisirnya itu merupakan terumbu karang yang sangat luas.
  • Fasilitas


Faislitas di Pantai ini terbilang masih sedikit dan tidak banyak. Lahan parkir masih bebas dimana saja, kios-kios yang berjualan minuman makanan ringan, penjual ikan, penginapan yang bisa disewa (rata-rata penginapannya rumah panggung), dan WC umum. Belum ada toko souvenir, rumah makan seafood, atau fasilitas lainnya yang umum sudah tersedia di tempat wisata jika berkunjung ke pantai.
·         Area Spot untuk berfoto

Tidak melakukan swafoto atau berfoto saat liburan sama dengan tidak liburan (katanya). Mengabadikan moment untuk disekarang ini adalah sesuatu yang bisa disebut “wajib” hukumnya. Dan disini kuberikan sedikit tips agar tempat/spot foto liburanmu tidak hanya terpaku pada pantai/lautnya saja.

1.      Peka terhadap lingkungan sekitar. Cari tempat dari semua arah yang menurutmu menarik untuk dijadikan tempat foto. Biasanya tempat foto ini tempat yang baru kamu temukan atau bahkan orang pun tidak menyadari bahwa tempat itu bagus untuk dijadikan spot berfoto.
2.      Perluas ambil fotomu. Jadikan kamu sebagai objeknya, namun tetap mencoba “menunjukan” tempat berfotomu. Kamu adalah ¼ dari bagian foto tersebut.
3.      Ambilah foto paling banyak ruang keatas.
4.      Jangan kaku, gerak saja sebebasmu, sebahagiamu (candid ala ala gitu loh)

Aku suka pantai ini karena walau musim hujan/kemarau. Area Pantai ini menyuguhkan berbagai pemandangan yang indah. Hijau subur atau tandus kering. Keduanya memberikan pengalaman dan hasil foto yang bagus. Jika kalian ingin mengunjungi Pantai Karang Papak, berikut aku informasikan untuk spot foto didaerah tersebut. Aku ambil saat musim hujan, dimana tumbuhan sedang tumbuh subur.

1.      Pantai/Laut


Berfoto disini saat cuaca sedang mendung memang kurang bagus karena membuat ombaknya tidak bersih dan terlihat kusam(?), memang kalau untuk berfoto di area pantai lebih mendukung saat cuaca sedang terik. Hal itu membuat warna laut menjadi jelas. Untuk melihat perbedaan foto yang kuambil saat musim kemarau kalian bisa cek blog-ku di link ini (http://rahmiakhoerunnisa.blogspot.com/2018/06/traveling-savanna-in-java.html

2.      Tumbuhan Pandan Laut



Disemua pantai berpasir atau berkarang, tak jarang kamu akan bertemu dengan tumbuhan yang satu ini. Yap, tumbuhan Pandan Laut ini sejenis pandan besar yang memiliki tinggi hingga 15M, dan bercabang-cabang. Di Pantai Karang Papak ini tumbuhan Pandan Laut dijadikan tempat untuk berteduh, mereka membuat tempat duduk untuk dijadikan tempat bersantai dengan pemandangan luas pantai di depannya.

Tumbuhan pandan laut ini bisa dijadikan spot untuk berfoto. Carilah tumbuhan yang tertata lumayan rapih, berkelompok, dan ambilah foto dengan paling banyak ruang ke atas.

3.      Rumah/penginapan/vila yang unik


Di Pantai Karang Papak kalian akan bertemu dengan penginapan dengan tipe rumah “duduk jendela” (rumah setengah bahan tembok dan setengah bahan rumah panggung). Memberikan kesan unik dan tradisional (jika dinding menggunakan bilik atau bambu). Kalian bisa melakukan foto dengan rumah tersebut dengan latar rumah dan pekarangannya yang luas.

4.      Jalanan



Ternyata jalanan disini juga bagus untuk dijadikan spot foto lo. Jalanan di Pantai Karang Papak ini sudah terkombinasi dengan pasir. Menurut diriku sendiri berfoto dijalanan pantai bagus saat musim kemarau. Memberikan kesan seperti di padang Sabana (ya, imajinasiku)

5.      Tempat mengembala sapi





Ini si yang seru. Jarangkan rutinitas kamu bertemu dengan sapi-sapi. Ternyata mereka bisa dijadikan partner berfoto yang menyenangkan, dan pastinya jarang orang melakukan dan menemukan hal tersebut.

6.      Perkebunan




Di pantai Karang Papak ini kamu pun akan bertemu dengan perkebunan yang sudah dipagari. Hal itu bisa kamu manfaatkan untuk dijadikan tempat kamu berfoto.

7.      Kebun jagung 




Berfoto dikebun jagung memang sering dilakukan oleh kebanyakan orang. Dan di Pantai Karang Papak ini jika kamu melangkahkan kaki atau melajukan kendaraanmu lebih luas kamu akan bertemu dengan hamparan perkebunan jagung. Baik saat musim kemarau atau hujan. Keduanya tetap bagus untuk dijadikan tempat foto.

  •  Harapan

Sebagai pengunjung, kita akan selalu berharap pengelolaan di Pantai Karang Papak ini semakin dikelola dengan baik, karena bagaimana pun pantai ini merupakan salah satu potensi wisata yang menjanjikan baik demi memperkenalkan betapa kaya dan indahnya Negeri kita atau pun demi meningkatkan perekonomian pemerintah dan penduduk sekitar. 

Jika kebersihan, pelayanan dan fasilitas sudah ditingkatkan dengan baik, apalagi jika ditambah dengan tata letak yang rapih serta ada satu hal yang menjadikan “identitas” dari Pantai Karang Papak itu sendiri akan membuat wisatawan tertarik untuk mengunjungi

Hal yang paling utama adalah, kebersihan. Kurangi pemakaian sampah dan mulai belajar membuang sampah pada tempatnya.dimana pun itu, bukan hanya tempat wisata saja karena kesadaran yang dimulai dari diri sendiri adalah dasar dari perubahan yang lebih baik.

***

Sekian ulasan singkatku dari salah satu pantai yang masih sepi di Garut Selatan. Sampai jumpa diblog tentang perjalananku selanjutnya. Terimakasih bagi yang sudah mau membaca.

Comments